1 1.
Harga adalah suatu nilai tukar yang bisa disamakan
dengan uang atau barang lain untuk manfaat yang diperoleh dari suatu barang
atau jasa bagi seseorang atau kelompok pada waktu dan tempat tertentu. Istilah
harga digunakan untuk memberikan nilai finansial pada suatu produk barang atau
jasa.Harga merupakan salah satu bagian yang sangat penting dalam pemasaran
suatu produk karena harga adalah satu dari empat bauran pemasaran/marketing mix
(4P = product, price, place, promotion). Harga merupakan komponen penting atas
suatu produk, karena akan berpengaruh terhadap keuntungan produsen. Harga juga
menjadi pertimbangan konsumen untuk membeli, sehingga perlu pertimbang khusus
untuk menentukan harga.
·
Promosi adalah upaya untuk memberitahukan atau
menawarkan produk atau jasa dengan tujuan menarik calon konsumen untuk membeli
atau mengkonsumsinya. Promosi merupakan salah satu variable marketing mix yang
digunakan oleh perusahaan untuk mengadakan komunikasi dengan pasar. Dengan
adanya promosi, produsen atau distributor mengharapkan kenaikan angka
penjualan.
·
Barang adalah benda-benda yang berwujud yang digunakan
masyarakat untuk memenuhi kebutuhannya atau untuk menghasilkan benda lain yang
akan memenuhi kebutuhan masyarakat.
2 2. Penyebab harga dapat memberikan
dorongan bagi produsen karena dari
sudut pandang produsen harga merupakan
komponen yang berpengaruh langsung terhadap laba perusahaan dalam artian
merupakan pendapatan. Penetapan harga telah memiliki fungsi yang sangat luas di
dalam program pemasaran. Menetapkan harga berarti bagaimana mempertautkan
produk kita dengan aspirasi sasaran pasar, yang berarti pula harus mempelajari
kebutuhan, keinginan, dan harapan konsumen. Berbicara harga berarti bicara
tentang citra kualitas dan seberapa tinggi ekslusifitasnya. Tinggi rendahnya
harga sangat berpengaruh terhadap persepsi kualitas, sehingga ikut menentukan
citra terhadap sebuah merek atau produk. Penetapan harga juga berbicara
mengenai variasi produk. Jika produknya bervariasi tetapi ditetapkan dengan
harga yang samamaka persepsi yang muncul adalah kesamaan kualitas sebagai
cerminan variasi produk secara horisontal. . Jadi produsen perlu menggunakan
pendekatan harga yang strategis agar dapat dapat mendukung pula tujuan bisnis
secara keseluruhan.
Sementara itu, dari sudut pandang konsumen harga sering kali digunakan
sebagai indicator nilai bila mana harga tersebut dihubungkan dengan manfaat
yang dirasakan atas suatu produk atau dalam arti kata harga merupakan
pengorbanan bagi konsumen dalam mendapatkan suatu produk. Proses pengambilan
keputusan dalam pembelian produk barang dan jasa sangat dipengaruhi oleh
perilaku konsumen itu sendiri.
Dalam keputusan pembelian/membeli
barang, konsumen ada lebih dari dua pihak yang terlibat dalam proses pertukaran
atau pembeliannya. Kegiatan keputusan pembelian meliputi: pilihan akan produk,
merek, pemasok, penentuan saat pembelian, jumlah pembelian. Umumnya ada lima
macam peranan yang dapat dilakukan seseorang. Ada kalahnya kelima peran ini
dipegan satu orang, namun sering kali pula peranan tersebut dilakukan beberapa
orang. Pemahaman mengenai masing-masing peranan ini sangat berguna dalam rangka
memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen.
3 3.
Pasar adalah
suatu tempat di mana para penjual dan pembeli dapat bertemu untuk melakukan
jual beli barang. Penjual menawarkan barang dagangannya dengan harap dapat laku
terjual dan memperoleh uang sebagai gantinya. Disana penjual dan pembeli akan
melakukan tawar – menawar harga hingga terjadi kesepakatan harga. Setelah
kesepakatan harga dapat dilakukan, barang akan berpindah dari tangan penjual ke
tangan pembeli. Pembeli akan menerima barang dan penjual akan menerima uang.
·
Contoh
perusahaan yang menggunakan orientasi pasar misalnya, TOYOTA, PT. UNILEVER,
AQUA, dan lain sebagainya. Manfaatnya untuk produsen dalam jangka panjang
adalah mencapai keunggulan bersaing dari fokus ke luar dan berorientasi pada
pasar. isu penting dalam pengembangan keunggulan bersaing meliputi, upaya
menciptakan nilai konsumen, menjaga kepuasan konsumen, membangun hubungan
jangka panjang
0 komentar:
Posting Komentar